Aplikasi

Cara Merekam Suara Google Translate Tanpa Aplikasi

Ketika ada tugas sekolah terjemahkan bahasa inggris ke bahasa Indonesia, maka dipastikan akan membuka aplikasi Google Translate untuk membantu menerjemahkan bahasa tersebut. Bagaimana jika tugasnya merekam suara hasil dari terjemahan tersebut? Apakah bisa? Yuk, simak uraiannya dibawah ini.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan menggunakan aplikasi penerjemah bahasa besutan Google ini, tidak hanya membantu menyelesaikan tugas sekolah saja, tetapi ketika bertemu dengan orang berbahasa asing menanyakan alamat maka tidak perlu khawatir, bisa manfaatkan aplikasi penerjemah tersebut.

Nah, seiring perkembangannya hasil translate biasanya akan digunakan untuk membuat narasi dalam konten video, namun pada aplikasi Google Translate belum tersedia fitur merekam suara, hanya ada fitur pemutar suara terkemahan saja. Lantas, bagaimana cara merekam suara tersebut?

Cara Merekam Suara Google Translate

Ada berbagai cara merekam suara dari hasil terjemahan aplikasi Google ini, salah satunya menggunakan aplikasi perekam suara. Namun kali ini tidak perlu lagi memakai aplikasi tersebut, ada cara mudah yang bisa kamu coba, tutorialnya sebagai berikut.

  1. Buka Google Translate
  2. Pilih bahasa yang akan diterjemahkan
  3. Tuliskan atau copy paste teks yang akan diterjemahkan
  4. Maka akan muncul hasil terjemahan
  5. Kamu bisa mendengarkan terjemahan dengan klik ikon speaker, namun belum tersedia fitur download

Karena belum ada fitur download suara, maka harus merekam suara tersebut tentunya tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga. Berikut cara download suara hasil terjemahannya.

  1. Buka browser di ponsel kamu
  2. Buka link soundoftext.com
  3. Pada kolom Text, paste terjemahan Google Translate
  4. Pada pilihan Voice, pilih bahasa Indonesia
  5. Kemudian klik Submit
  6. Untuk mendengarkan hasilnya Klik Play
  7. Jika ingin di simpan di ponsel kamu, Klik Download

Itulah cara mudah merekam suara Google Translate tanpa aplikasi, dengan cara ini kamu bisa menggunakan hasil suara untuk berbagai keperluan, entah itu untuk tugas sekolah atau untuk membuat narasi di sebuah konten video. Menarik bukan?

Google Translate

Fungsi dan Manfaat Google Translate

Aplikasi Google Translate fungsinya untuk menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lain yang diinginkan pengguna, baik dalam bentuk teks tulisan, suara, maupun dokumen. Hasilnya bisa disimpan atau didengarkan melalui fitur speaker.

Sementara manfaat aplikasi penerjemah bahasa dari Google ini untuk memudahkan pengguna menerjemahkan bahasa asing, hasil terjemahan bisa digunakan untuk membuat konten atau belajar menggunakan bahasa asing dengan mengikuti pelafalan melalui fitur speaker yang tersedia di aplikasi tersebut.

Manfaat lainnya ketika kamu berlibur ke suatu tempat yang berbahasa asing, misalkan bahasa inggris. Maka agar memudahkan berkomunikasi dengan warga lokal di tempat tersebut, maka gunakan aplikasi Translate milik Google ini. Apalagi ada fitur suara, jadi semakin memudahkan saja.

Kelebihan Google Translate

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi penerjemah ini memiliki fitur suara yang memudahkan menerjemahkan bahasa tanpa perlu mengetik teks, kemudian ada fitur speaker untuk mendengarkan hasil terjemahan, meskipun suara yang dihasilkan belum bisa di download.

Kelebihan Google Translate memiliki fitur kamera yang mampu mendeteksi bahasa dengan cara memindai tulisan yang ada di kertas atau dokumen, bahkan teks di label kemasan produk dan lain sebagainya. Kemudian dari pemindaian secara otomatis diterjemahkan kedalam bahasa yang diinginkan pengguna.

Tentunya hal ini bisa membantu pengguna yang ingin membaca suatu informasi dalam bahasa asing, cukup dengan pemindai tulisan tersebut melalui fitur kamera di Google Terjemahan ini. Semoga bermanfaat dan nantikan update selanjutnya.