Aplikasi

5 Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Keuangan Digital Gratis

Mengatur dan mencatat keuangan itu memang sangat penting, apalagi untuk Anda yang terbilang boros dan tidak bisa membatasinya. Dengan adanya pencatatan membuat Anda akan lebih mudah dalam memperhatikannya dan mengetahui arus keuangan yang dikeluarkan. Sehingga ketika melihatnya ada bentuk evaluasi dan membatasinya.

Hadirnya teknologi dan semuanya sudah beralih ke sektor digital membuat beberapa pekerjaan tidak lagi dilakukan secara manual. Salah satunya dalam proses mencatat keuangan, saat ini sudah ada teknologi melalui aplikasi khusus untuk melakukan pencatatan terkait keuangan yang Anda keluarkan tersebut. Nah, apa saja bentuk aplikasinya? Mari kita bahas. 

Daftar Aplikasi Pencatatan Keuangan

1. Monefy 

Aplikasi yang dibuat oleh Aimbity ini memberikan layanan untuk Anda dalam menyesuaikan kebutuhan, khususnya pada pencatatan keuangan. Terutama jika Anda baru belajar dan ingin untuk mengatur keuangan yang lebih rapi, menggunakan aplikasi Monefy bisa menjadi pilihan yang dapat Anda lakukan kedepannya. 

Menariknya lagi tidak hanya satu akun saja, namun Anda memungkinkan menggunakan aplikasi tersebut dengan beberapa akun yang ada. Semuanya dapat Anda atur dan sesuaikan dengan beberapa kategori, mulai dari uang tunai, bank, dan sebagainya berdasarkan dari keperluan masing-masing pengguna yang memanfaatkannya. 

Monefy sendiri memang memberikan aplikasi secara cuma-cuma, tetapi apabila Anda menginginkan bentuk layanan lainnya, aplikasi satu ini juga memberikan fitur Dropbox atau Google Drive untuk memantau keuangan secara lebih mudah dan real time. Jika Anda tertarik untuk versi berbayar, harganya pun sangat terjangkau hanya 39 ribu rupiah saja. 

2. Wallet

Mengenai layanan pencatatan keuangan yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah aplikasi wallet yang sangat praktis untuk digunakan. Karena tahapannya cukup menggunakan email atau facebook saja untuk masuk dan menggunakannya. Bahkan, dengan aplikasi tersebut Anda juga mampu untuk mengimpor data transaksi dari bentuk excel atau CSV. 

Menariknya lagi dari penggunaan aplikasi tersebut Anda juga menentukan atau membuat target terkait financial goals yang diharapkan. Semuanya bisa Anda buat untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan, sehingga prosesnya sendiri tidak sulit dan sangat mudah Anda lakukan dalam memenuhi kebutuhan yang ada kedepannya. 

Aplikasi wallet sendiri tersedia dalam bentuk gratis dan berbayar, namun apabila Anda hanya penggunaannya untuk pencatatan saja cukup menggunakan yang versi gratis saja. Namun, apabila Anda menginginkan untuk sinkronisasi pada rekening bank, rasanya bisa menggunakan versi berbayar mulai dari 7 ribu rupiah sampai 1,88 juta per itemnya. 

3. Finansialku 

Jika Anda ingin mencatat pengeluaran atau pemasukan keuangan, mungkin bisa mencoba buatan dari PT Solusi Finansialku Indonesia. Tentunya aplikasi satu ini cocok dan pas untuk Anda yang ingin merencanakan aplikasi keuangan yang ada. Terutama untuk Anda yang menginginkan dalam mengatur biaya pendidikan, kesehatan dan sebagainya. 

Untuk Anda yang ingin menggunakannya, tinggal masukan saja beberapa kebutuhan yang Anda inginkan. Melalui aplikasi tersebut Anda akan diminta untuk memberikan harga dan periode terkait barang atau lainnya. Nantinya melalui Finansialku tersebut Anda akan diberikan data untuk setiap bulan atau harinya dalam menabung agar mendapatkan barang yang diinginkan. 

Dengan demikian, aplikasi Finansialku tersebut sangat mudah dan mendukung untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Sehingga, apabila Anda kesulitan dalam mengatur keuangan tidak ada salahnya mencobanya aplikasi tersebut. Jika Anda tertarik menggunakannya, rating aplikasi ini mencapai 4,3 dan ada versi yang berbayarnya. 

4. Money Lover 

Buatan dari Finsify ini memberikan dan menawarkan beberapa fitur yang unggulannya, salah satunya dengan adanya fitur khusus untuk catatan hutang piutang dan tagihan yang Anda miliki. Melalui aplikasi tersebut Anda akan diberikan beberapa catatan yang sangat membantu dan mempermudah Anda dalam mengetahui pengeluaran dan pemasukan yang ada. 

Bahkan, melalui aplikasi yang satu ini Anda akan diberikan kemudahan untuk membuat anggaran liburan. Melalui Money Lover Anda akan mendapatkan beberapa fiturnya tersebut secara mudah dan tanpa ribet. Dengan demikian, apabila Anda tertarik untuk mencobanya langsung saja dapatkan aplikasi Money Lover tersebut. 

Mengenai aplikasinya sendiri ada beberapa pilihan, bisa digunakan secara gratis dan berbayar yang membuat Anda bisa memaksimalkannya. 

5. Money Manager Expense & Budgeting 

Terakhir aplikasi yang bisa Anda coba untuk mengelola keuangan bisa menggunakan Money Manager Expense & Budgeting. Melalui aplikasi tersebut Anda akan mendapatkan beberapa pengaturan dari harta dan utang. Proses penggunaannya sendiri bisa melalui beberapa akun yang bisa Anda gunakan, bisa khusus untuk akun bank, uang tunai, dan kartu pembayaran. 

Dengan adanya pembagian tersebut membuat Anda akan lebih mudah mengetahui pengeluaran dan pemasukan yang akan didapatkan. 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa aplikasi pengaturan keuangan yang bisa Anda coba dan lakukan. Terutama untuk Anda yang kesulitan dalam mengatur keuangan, rasanya aplikasi diatas dapat membantu.