Fintech

Persyaratan yang Biasa Diminta untuk Mengajukan Pinjaman di Pinjol

Saat ini tidak bisa dipungkiri lagi jika mengajukan pinjaman online cepat cair menjadi salah satu solusi untuk Anda yang sedang membutuhkan uang. Seperti yang kita ketahui bila pinjaman online memang cepat dalam mencairkan pinjaman uang. Banyak sekali lembaga keuangan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan hanya melengkapi seluruh syarat yang diberikan dengan baik. 

Tetapi, ternyata masih banyak orang yang ditolak oleh pinjaman online saat mengajukan pinjaman. Padahal, ada sejumlah syarat utama yang menjadi kunci agar pengajuan pinjaman disetujui. Persyaratan tersebut tidak dapat ditawar lagi sebab sudah menjadi bagian dari sistem pinjaman online dengan basis data, sehingga verifikasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. 

Oleh sebab itu, pastikan beberapa syarat berikut ini Anda lengkapi saat ingin mengajukan pinjaman online. 

  • Lengkapi dokumen 

Pastinya pinjaman online memerlukan dokumen atau data dari calon nasabahnya. Dokumen tersebut menjadi syarat pinjaman online sebagai dasar dari cairnya pinjaman uang. Tidak adanya identitas, pastinya sulit sekali untuk mengetahui siapa dan dimana alamat dari calon nasabah. 

Selain kelengkapan identitas seperti, SIM, KTP, Paspor hingga NPWP. Pastinya dokumen atau data yang diserahkan ini ada juga bentuk aslinya. Sebab jika tidak ada data aslinya, sudah pasti identitas dapat dikatakan palsu atau tidak valid. 

  • Slip gaji, NPWP dan KTP 

Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan bukti identitas bagi seluruh warga negara. Tentunya memiliki KTP itu mutlak, karena barang siapa yang tidak mempunyai identitas itu bertentangan dengan hukum dalam administrasi kependudukan. Kartu identitas yang dilampirkan juga harus merupakan kartu identitas yang paling baru diterbitkan atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Jika peminjam tidak mempunyai kartu identitas, data kependudukan tentu saja tidak dapat dikatakan lancar dan persyaratan pinjaman online tidak lengkap.

Selain E-KTP, peminjam juga wajib yang melampirkan NPWP sebagai  bukti wajib pajak supaya persyaratan kredit online dapat tercatat di database negara. Slip gaji juga menjadi data yang diperlukan untuk pinjaman online sebab menunjukkan bahwa calon klien bekerja untuk sebuah perusahaan dan mengetahui berapa penghasilan mereka setiap bulan, dan itu menunjukkan bahwa mereka dapat membayar cicilan pinjaman.

KTP adalah aplikasi pinjaman online yang penting untuk calon klien yang ingin mendapatkan kredit melalui pinjaman online. Tidak adanya KTP,  pinjaman online mempersulit penarikan uang Anda. Saat ini belum ada pinjol yang dapat ditarik tanpa identitas. KTP menjadi identitas dasar dan wajib dimiliki oleh seluruh warga negara untuk tujuan yang berbeda.  

Di sisi lain, ada sejumlah syarat pinjaman online yang dapat langsung dibayar dengan satu KTP. Pastinya terdapat syarat kredit online lainnya yang wajib dipenuhi jika calon pembeli hanya mempunyai KTP sebagai identitas saja.

  • Riwayat kredit yang baik 

Pemberi pinjaman online tentu menginginkan prospeknya menjadi pelanggan yang baik dan membayar tepat waktu. Jadi, tidak perlu dikatakan lagi jika pinjaman online menginginkan uang peminjamnya, orang yang tidak mempunyai hutang pinjaman lanjutan, atau berarti pinjaman yang dilakukan nanti dapat dilunasi dengan lancar sampai lunas. Jadi buat kamu yang telat iuran, telat bayar, atau tidak bayar sama sekali ada baiknya segera selesaikan supaya tidak terhambat nantinya dan dana segera dicairkan sesuai kebutuhan. 

  • Memiliki penghasilan atau pekerjaan 

Bagaimana pembayaran pinjaman dibayarkan ketika peminjam tersebut tidak bekerja? Inilah yang menjadi syarat utama pinjaman online terpenting jika ingin uang pinjaman Anda cepat cair. Kondisi kerja seseorang dapat diverifikasi dengan slip gaji, yang disertakan sebagai salah satu syarat kredit online dan yang wajib disediakan oleh calon klien saat mengajukan aplikasi awal.

  • Jumlah pinjaman sesuai kemampuan 

Walaupun Anda sudah mengajukan slip gaji yang menjadi syarat pinjol agar uang bisa cepat cair, tentunya penting untuk bisa melihat kedepannya apakah bisa melunasi hutang tanpa masalah. Tentu saja, saat menentukan pembayaran bulanan yang harus dibayar, pemberi pinjaman online juga akan menganalisis apakah Anda benar-benar memiliki pembayaran cicilan. 

Bahan analisisnya adalah gaji bulanan Anda, yang dikurangi dari kebutuhan sehari-hari Anda. Nah, jika Anda mengalami kesulitan dalam menarik dana untuk aplikasi pinjaman, pemberi pinjaman online mungkin berpikir bahwa Anda tidak dapat membayar persentase yang dihitung dari slip gaji yang ditunjukkan.

  • Memiliki nomor telepon aktif 

Saat ini, komunikasi sederhana ditambah dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat dan semakin maju, ditambah  dengan munculnya media sosial, membuat dunia di antara kita seolah tak terbatas. Untuk alasan ini, penting juga untuk dapat dihubungi melalui nomor telepon. Jika sulit untuk menghubungi Anda di telepon, itu bisa menjadi alasan mengapa persyaratan pinjaman online Anda sulit untuk dibayar karena bagaimanapun, itu harus mudah untuk dihubungi  sebab Anda mempunyai pinjaman yang perlu dilunasi dan dilunasi. 

Itulah informasi yang perlu Anda ketahui seputar syarat mengajukan pinjaman di pinjol. Sebelum melakukan pinjaman, pastikan kalau Anda memilih pinjaman online yang terpercaya dan terdaftar di OJK, seperti misalnya Tunaiku. Anda bisa unduh Tunaiku di perangkat Android atau Iphone.