Fitur-fitur yang Terdapat di Aplikasi Peduli Lindungi

Fitur-fitur yang Terdapat di Aplikasi Peduli Lindungi

Seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 yang ada di sejumlah wilayah di Indonesia, akhirnya pemerintah mulai menurunkan pembatasan aktivitas masyarakat. Seperti di Jakarta, tingkat PPKM turun menjadi ke 3. Kegiatan masyarakat di luar rumah pun memulih seperti sedia kala. 

Beberapa tempat publik diperbolehkan untuk beroperasi dengan durasi waktu yang lebih panjang dengan tetap menerapkan prokes yang ketat. Penggunaan aplikasi Peduli Lindungi juga semakin meluas. Karena aplikasi ini tidak hanya dipakai untuk mendownload sertifikat vaksin saja, namun digunakan sebagai penunjang mobilitas masyarakat saat ke luar rumah. 

Semenjak aplikasi Peduli Lindungi diluncurkan pada tahun lalu, dibuat menjadi alat yang bisa menelusuri penyebaran Covid-19. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga mempunyai fitur untuk pelacakan (tracking), penelusuran (tracing), dan pengurungan (fencing) bila pengguna nya terdeteksi positif Covid-19. 

Sejumlah fitur yang ada di aplikasi Peduli Lindungi bisa dipakai guna menunjang kegiatan ketika keluar rumah. Mengingat aplikasi ini dibuat dengan tujuan guna penelusuran kontak, sehingga para penggunanya wajib menyalakan GPS atau lokasi selama menggunakan aplikasi. 

Berikut ini ada beberapa fitur yang ada di aplikasi Peduli Lindungi. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini. 

Fitur-Fitur di Aplikasi Peduli Lindungi 

  • Scan Qr code 

Sejak beberapa waktu lalu, aplikasi ini sudah dilengkapi oleh fitur scan Qr code. Fitur tersebut dibutuhkan saat Anda sedang bepergian ke pusat perbelanjaan atau tempat umum lainnya, maka Anda akan diminta untuk scan barcode yang telah tersedia di pintu masuk. 

Cara untuk menggunakannya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu klik “Scan Qr code” yang ada di halaman utama pada aplikasi tersebut dan arahkan kamera ponsel ke barcode yang ada di depan pintu. 

Fitur ini memiliki fungsi untuk mengkonfirmasi check in atau masuk pada tempat umum, seperti transportasi umum, tempat wisata, kantor, restoran, dan pusat perbelanjaan. 

  • Peta zonasi 

Masih di halaman utama pada aplikasi Peduli Lindungi, Anda bisa melihat lokasi saat ini. Peta zonasi akan menunjukkan hasil yang akurat selama Anda membuka aplikasi tersebut, tentu saja Anda harus mengaktifkan lokasi atau GPS. 

Selanjutnya yang perlu Anda ketahui yaitu peta zonasi akan memberikan warna yang sesuai dengan tingkat tingginya Covid-19 yang ada di wilayah tersebut, untuk warna merah berarti resiko sangat tinggi dan warna orange berarti berisiko rendah saja. Umumnya informasi zona yang akan ditampilkan ini per kelurahan. 

Selain itu, lokasi bisa berubah bila Anda berpindah tempat, demikian pula dengan tingkat resikonya akan menyesuaikan lokasi dimana Anda berada. Tidak hanya melihat resikonya saja, Anda juga dapat melihat tingkat resiko yang ada di wilayah lain dengan mencarinya pada kolom pencarian. 

Apabila ingin mengetahui tingkat risiko di wilayah lain, Anda dapat mematikan lokasi atau GPS yang ada di Smartphone supaya tidak otomatis mendeteksi lokasi Anda saat ini. Cara tersebut dapat dipakai guna mengetahui tingkat resiko di wilayah tertentu bila Anda ingin bepergian. 

Fitur-fitur yang Terdapat di Aplikasi Peduli Lindungi

  • Statistik 

Fitur selanjutnya yaitu Tab Statistik dapat menjadi sumber informasi sehingga melengkapi peta zonasi pada halaman utama. Statistik ini berisikan informasi jumlah orang yang terkena Covid-19 pada satu kelurahan hingga provinsi. 

Tidak hanya menunjukkan angka positif saja, tetapi fitur ini juga menunjukkan tren harian, jumlah pasien yang sembuh hingga meninggal. Untuk pasien yang meninggal, akan di tampilkan data per provinsi saja. 

  • Pendaftaran vaksin 

Pada halaman utama, Anda dapat mendaftar vaksin Covid-19 dari aplikasi ini. Cara untuk mendaftarnya juga sangat muda, Anda hanya perlu memasukkan nama lengkap dan NIK saja. Bila telah divaksin, fitur ini dapat dipakai untuk melihat sertifikat vaksinasi. 

  • Teledokter 

Fitur yang dimiliki aplikasi Peduli Lindungi selanjutnya yaitu Teledokter yang bisa menghubungkan Anda dengan layanan telemedis dari aplikasi lain. Fitur ini sekarang memiliki dua layanan yakni memeriksa kesehatan secara mandiri menggunakan Prixa dan Grab Health. 

Sementara itu, fitur selanjutnya berbentuk konsultasi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, Grab Health, TelkoMedika, dan ProSehat. Untuk tarif konsultasinya berbeda-beda tergantung dengan aplikasi yang Anda gunakan. 

  • Paspor digital 

Untuk fitur ini, Anda dapat melihat dan mengunduh sertifikat vaksin sehingga tidak perlu lagi mencetaknya. Sertifikat yang ada di aplikasi ini hanyalah milik Anda yang telah login pada aplikasi tersebut. Klik nama yang ada di menu sertifikat pada fitur Paspor Digital, maka Anda bisa melihat sertifikat vaksinnya. 

  • Diary perjalanan 

Fitur ini berisikan histori perjalanan Anda selama 2 minggu belakangan. Aplikasi Peduli Lindungi hanya akan merekam perjalanan Anda yang berkaitan dengan sistem mereka, seperti bila Anda check ini menggunakan Scan Qr code. 

Tetapi, jika saat bepergian Anda tidak menggunakan fitur tersebut, maka aktivitas tersebut tidak akan terekam di aplikasi ini. 

Demikianlah, fitur-fitur yang ada di aplikasi Peduli Lindungi yang bisa membantu Anda untuk bepergian. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru untuk Anda. 


Leave a Reply

Your email address will not be published.