Google Maps dan Waze, Mana yang Lebih Akurat?


Saat ini kepergian menjadi lebih mudah karena terdapat aplikasi navigasi canggih yang siap untuk membantu Anda ketika tidak mengetahui arahnya. Anda hanya membutuhkan smartphone dan baterai serta paket internet yang mencukupi.

 

Terdapat dua aplikasi navigasi yang sangat populer di masyarakat yaitu Waze dan Google Maps. Kedua aplikasi tersebut mempunyai tingkat Akurasi tinggi sehingga dapat bekerja secara baik kapanpun dan dimanapun. Selain itu, aplikasi yang sama dari Google ini mempunyai sejumlah ciri khas dan perbedaan.

 

Lalu, aplikasi manakah yang lebih bagus? Dikutip dari berbagai sumber, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Google Maps

Aplikasi yang pertama adalah Google maps yang merupakan aplikasi navigasi bawaan dari smartphone android. Aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari perjalanan menggunakan sepeda, mobil, hingga pejalan kaki dan juga peta jalannya. Selain itu pula aplikasi ini bisa menunjukkan tempat public. Anda pun dapat memperoleh informasi tentang kemacetan di jalan.

Waze

Tidak sama dengan Google maps yang didominasi dengan informasi berdasarkan Google, aplikasi ini condong pada community-based navigation. Yang berarti masing masing pengguna dapat berbagi informasi tentang lalu lintas. Seperti batas kecepatan pada jalan tertentu, informasi mengenai jalan lain dapat membantu pengguna lainnya serta informasi kecelakaan di jalan.

Apa perbedaan dari kedua aplikasi ini?

Waze dan Google maps kurang lebih mempunyai fitur dan fungsi yang sama. Tetapi keduanya mempunyai cara berbeda untuk sampai pada tujuan nya.

  1. Target pengguna

Waze menargetkan pengguna nya lebih kepada anak millennial yang tampilannya kekinian. Cara itu terbukti sukses. Selain itu, saat ini wde pun telah terhubung dengan aplikasi lagu yaitu Spotify sehingga penggunaannya dapat mendengarkan lagu di jalan menggunakan speaker mobil.

 

Berbeda dengan Google maps yang menargetkan penggunaannya ke masyarakat umum ini yang menjadikan Google maps lebih membantingkan kemudahan guna mengakses semua fitur yang ada di dalamnya.

 

  1. Perbedaan interface

Ini merupakan aplikasi yang terus mempertahankan Stylenya yang minimalis. Banyak user yang suka dengan tampilan dari Wati ini. Karena Waze menampilkan dengan detail tempat yang Anda butuhkan dan memakai grafis 3D supaya lebih menarik.

 

Sementara itu Google maps mempunyai tampilan yang sangat standar. Bahkan dapat dikatakan sangat biasa. Tampilan tersebut hampir mirip dengan Mapquest yang merupakan peta digital populer pada tahun 1990 sampai 2000-an.

 

  1. Penggunaan kuota internet

Hal berikutnya yang membedakan Google maps dan waze yaitu pemakaian kuota internet nya. Jumlah data yang dipakai oleh Waze akan ditentukan dengan sejumlah faktor tertentu. Diantaranya yaitu jarak perjalanan dan durasi akses. Dikutip dari Reddit yang merupakan seorang user ini mengaku bahwa ia menghabiskan 0,5 MB hanya untuk satu jam perjalanan saja.

 

Sama dengan Waze, jumlah data yang dipakai oleh Google maps pun bergantung dengan factor yang sudah disebutkan sebelumnya. Dikutip dari Reddit, jika google maps sangat sempurna untuk seluruh aspek pemakaian data. User bahkan tidak dapat mendeteksi jumlah data yang dipakainya sebab sangat sedikit. User pun bahkan dapat m menggunakannya secara offline.

 

  1. Lebih cepat Waze atau Google Maps?

Untuk perjalanan di dalam kotak, Waze sangat ahli untuk menemukan jalan alternatif yang bebas kemacetan dan juga kecelakaan. Terlebih pula fitur yang dimiliki Waja ini bisa memperingatkan Anda ketika sedang mendekati kecelakaan di lalin. Tetapi lemahnya dari aplikasi ini sering menunjukkan penggunaannya ke arah jalan yang lebih sempit.

 

Sementara itu, Google maps bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan secara tepat dan memberitahu Anda saat ada kemacetan dan kecelakaan. Meskipun demikian, peringatan tersebut tidak terlalu informatif seperti Waze. Kelebihan dari Google maps yaitu peta akan ditampilkan lebih besar jadi memudahkan Anda melihat jalan dengan jelas.

 

  1. Aplikasi mana yang tepat untuk digunakan?

Apabila anda belum pernah memakai Waze, maka cobalah aplikasi tersebut untuk bepergian sehari-hari saja. Karena aplikasi ini sangat efektif guna menghindarkan Anda dari kemacetan serta mempunyai fitur yang sangat seru untuk Anda coba.

 

Apabila anda bingung untuk memakai aplikasi yang mana yang sesuai dengan Anda, cobalah dulu memakai kedua aplikasi ini. Baik menggunakan Waze ataupun Google maps yang mempunyai ciri khas nya masing masing. Sesudah mencoba kedua aplikasi tersebut, maka Anda dapat menentukan mana aplikasi yang mudah digunakan dan anda sukai.

 

Permasalahan memilih antara Waze atau Google maps menunjukkan jika keduanya sama sama memiliki kinerja yang baik. Jadi, Anda Tim Waze atau Tim Google maps?

 

Itu tadi, sebagian informasi mengenai perbedaan dari Google maps dan Waze yang dapat membantu Anda untuk bepergian. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published.