Review Aplikasi Aminin: Belajar Ngaji Mudah dari Smartphone

Review Aplikasi Aminin: Belajar Ngaji Mudah dari Smartphone

Aplikasi Aminin mempunyai fitur paling interaktif dan akurat untuk pengingat waktu sholat, petunjuk kiblat, dan adzan. Aplikasi karya anak bangsa ini bahkan memiliki teknologi terbaik dalam  pengenalan suara atau voice recognition untuk melatih kemampuan membaca dan memahami Al Quran secara akurat.

Mengenal sekilas tentang aplikasi Aminin

Aminin adalah aplikasi digital pertama untuk belajar Quran dan Hadits secara interaktif. Menjadi aplikasi yang paling banyak mendapatkan rekomendasi untuk diunduh, terutama di bulan Ramadhan seperti saat ini. Aminin sangat mengerti pentingnya arah kiblat dan ketepatan waktu.

Tidak hanya akurat, tetapi juga interaktif, lengkap dengan kalender untuk mengingatkan Anda tentang berbagai peristiwa penting. Kami pasti akan terus melakukan perbaikan agar lebih baik lagi kedepannya, menurut Herujito, selaku CEO Aminin di Jakarta. 

Aminin adalah aplikasi referensi digital Al-Quran dimana konten dapat dihitung dan disembuhkan dengan teks. Semua Konten dipilih , dipantau dan diverifikasi langsung oleh para ulama dan profesional di bidang Al-Qur’an yang tergabung dalam JQH. Selain itu, Ustadz/Ustadzah yang menampilkan diri sebagai ahli adalah orang-orang yang memiliki pengalaman dan divalidasi untuk memberikan pemahaman yang akurat dan benar tentang Islam.

Aminin, tersedia bagi platform iOS dan Android, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk  membaca dan memahami Al-Qur’an dan ilmu agama. Fungsinya penuh dengan dialog interaktif antara pengguna dan pengguna yang mudah dipahami dan diingat.

Mudah-mudahan dengan penggunaan Aminine, dapat dimajukan aliran sesat yang lebih besar, pengamalan nilai-nilai agama dan kecintaan terhadap bangsa dan negara, kata Herujito. Beberapa fitur hebat dari Aminin adalah Quran, Pelatihan Quran dan Diskusi. Untuk fitur Al-Qur’an, Aminin menampilkan Al-Qur’an digital dengan manuskrip standar di sudut-sudutnya.Ada juga fungsi untuk menandai dan mencatat.

Aplikasi ini bahkan dapat dibagikan atau disimpan.  Untuk kenyamanan Anda, tersedia juga mesin pencari untuk nama huruf atau nomor huruf untuk memudahkan pengguna. Apalagi dilengkapi dengan audio pengucapan huruf hijaiyah, juga terjemahan dan tafsir dan lain-lain.

Review Aplikasi Aminin: Belajar Ngaji Mudah dari Smartphone

Kelebihan Al-Qur’an Digital

Dulu orang hanya bisa membaca Al-Qur’an melalui manuskrip, yaitu buku yang berisi folio dengan ayat-ayat suci. Selain itu, seiring kemajuan teknologi, perkembangan Al-Qur’an di era digital juga semakin canggih dan dapat disalin ke perangkat dalam bentuk soft file.

Produk seperti ini bisa menjadi pilihan bagi generasi milenial yang begitu akrab dengan gadget dalam kesehariannya. Tidak hanya mudah dibawa kemana-mana, Al-Qur’an digital juga menawarkan pilihan lain untuk memudahkan kita dalam mendekati Firman Allah SWT.

Menyediakan bacaan Al Qur’an 30 juz arab dan latin lengkap dengan terjemahan dan tafsirnya. Meskipun kita membutuhkan bimbingan seorang guru untuk memahami ayat-ayat Al-Qur’an, tidak ada salahnya mengetahui terjemahan dari ayat-ayat yang dibacakan untuk mendapatkan gambaran.

Selain itu, aplikasi Al-Qur’an digital juga memuat tafsir setiap ayat, yang berasal dari sumber terpercaya.   Dengan bacaan  latin, Al-Qur’an digital juga dapat membantu mereka yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar.

Manfaat lain dari Al-Qur’an digital dari segi kepraktisan adalah orang tidak perlu berwudhu terlebih dahulu untuk membacanya. Ini karena Al-Qur’an dalam format digital, termasuk aplikasi, tidak dianggap sebagai mushaf atau buku. Sementara itu, kebanyakan ulama memaksa manusia untuk suci ketika memainkan mushaf.   

Dengan cara ini, Al-Qur’an digital dapat digunakan kapan saja ketika ada waktu  untuk membaca ayat-ayat atau mempelajari interpretasinya. Meskipun ada kegemaran seperti itu, namun jika memungkinkan untuk berwudhu sebelum tadarus Al-Qur’an, itu lebih baik daripada bentuk penghormatan.

Hukum membaca Alquran menggunakan platform digital

Ulama telah menanggapi keraguan tentang masalah ini dalam beberapa kesempatan, yaitu diperbolehkannya membaca Al-Quran secara online melalui smartphone. Namun dengan catatan, asalkan isinya akurat dan sesuai. Untuk itu, berhati-hatilah saat memilih situs web atau aplikasi yang merupakan penyedia Al-Qur’an digital  terpercaya. 

Jadi apa pahala orang yang membaca Al-Qur’an di mushaf dengan cara yang sama seperti orang yang membacanya melalui perangkat mereka? Ustadz Abu Mujahid Al Ghifari menyatakan bahwa keduanya mendapat pahala yang sama.Dalilnya adalah sabda Nabi yang menganjurkan membaca Al-Qur’an tetapi tanpa menyebutkan harus melalui mushaf atau sarana lainnya.

Sedangkan pahala bagi orang yang rajin membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-harinya adalah memperoleh keselamatan dan keberkahan di dunia dan akhirat. Di dunia pada umumnya para pecinta Al-Qur’an akan mengubah hidupnya menjadi orang-orang yang baik hati dan tenang, cerdas dan sukses. 

Juga di akhirat balasan atas kesejahteraannya akan lebih besar dan lebih indah, yaitu surga Allah. Bagi yang menghafal Al-Qur’an, pahala Allah SWT tidak hanya untuk mereka tetapi juga untuk orang tua mereka. Jadi, tidaklah menjadi masalah ingin membaca Al-Qur’an menggunakan digital atau mushaf.


Leave a Reply

Your email address will not be published.