Review Finku: Aplikasi Pencatatan Uang Otomatis

Review Finku: Aplikasi Pencatatan Uang Otomatis

Jaman yang sudah memberikan segala kemudahan ini jika kita maanfaatkan dengan baik akan memberikan keuntungan yang baik dan berarti buat kita. Banyak teknologi yang memberikan terobosan aneka ragam untuk kita gunakan dalam sehari – hari. Ada beberapa aplikasi stratup yang mempunyai keunggulan masing – masing dan kegunaannya.

Salah satu dari hal sederhana dalam sehari – harinya namun sering kali kita abaikan adalah pencatatan keuangan. Nah, kali ini kita akan bahas aplikasi keuangan yang bisa digunakan untuk beberapa kegunaan pengelolaan keuangan. Nama aplikasi start up kali ini yang kita bahas adalah Finku. Berikut ulasan finku aplikasi pencatatan uang otomatis.

Shyam Kalairajah, Reinaldo Tendean dan Shylla Este ketiga orang tersebut yang merintis aplikasi Finku pada tahun lalu di tahun 2021. Pada tahap awal pendanaan aplikasi tentang pencatatan keuangan pribadi ini diperoleh sebesar 2,8 juta US dollar (kurang lebih sebesar 40 miliar rupiah apabila di kurskan rupiah) dari B Capital Group.

Jajaran sebagai investor yang lain adalah Goodwater Capital, Golden Gate Ventures, Alto Partners kemudia juga pendiri start up BukuWarung dan Xendit. Sedangkan Global Founders Capital dan Trihil Capital juga ikut berpartisipasi menjadi co – lead investor.

Sebagai tambahan catatan selain sebagai co – lead investor Global Founders juga merupakan pre – seed (investor awal) di Finku, bersamaan juga dengan 500 Starups pada tahun 2021 bulan Agustus. Untuk besaran yang diterima oleh Finku tidak disebutkan jumlah nominalnya.

Di dalam aplikasi Finku terdapat 28 macam kategori yang memungkinkan pengguna untuk membuat rencana keuangan, selain itu aplikasi ini juga memberikan gambaran dengan grafik, laporan, manajemen langganan dan tagihan. Hal ini memberikan kemungkinan untuk pengguna melacak transaksi yang akan mereka lakukan melalui bank, e – wallet, dan akun investasi secara lebih mudah, disebabkan aplikasi Finku telah memberikan kemudahan dalam proses manajemen keuangan harian kita.

Review Finku: Aplikasi Pencatatan Uang Otomatis

Selain itu juga aplikasi Finku secara otomatis dapat menghitung dan mngumpulkan berbagai data keungan untuk memberikan hasil gambaran secara real – time. 

Produk yang akan segera dirilis dalam waktu dekat yakni kredit konsumer, memungkinkan bagi para pengguna mengakses fasilitas kredit dalam kebutuhan sehari – harinya. Akses kredit ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas keuangan pengguna dalan kehidupan sehari – hari dalam batasan – batasan waktu tertentu yang tidak akan menimbulkan lagi permasalahan yang kerap kali terjadi pada keuangan mereka.

Sehingga orang – orang pengguna aplikasi tersebut dapat mengkases setiap waktu dan melihat segala bentuk laporan keuangan secara real – time.

Dalam perkembangannya perusahaan akan mencoba memanfaatkan berbagai inovasi produk untuk memperluas lapangan kerja sehingga mampu memperdayakan masyarakat Indonesia dengan adanya dana segar. Salah satu produk yang akan segera dirilis adalah kredit konsumen.

Pada saat nantinya Finku akan dicoba menggabungkan beberapa keunggulan kredit yang meliputi transparasi biiaya, suku bunga yang rendah, dengan seperangkat fitur – fitur keungan pribadi yang bisa membantu dalam mengakses kredit secara berkesinambungan dan bertanggung  jawab.

Di dalam keterangan yang formal dan resmi, perusahaan akan mengambil manfaat peluang meningkatnya secara significan pengguna yang menggunakan e – wallet untuk mengakses pembayaran digital yang berada di Indonesia. Dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih tangguh secara perekonomian dan inklusif, mereka pun harus bisa dan memiliki akses, ability, serta kemauan mengelola keuangan pribadi atau pun keuangan usaha terlepas dari segi berapa besar jumlah pendapatan.

Ayu Tanoesoedibjo, sebagai Principal B Capital Group telah mengatakan,keberhasilan Finku dalam menjangkau ribuan pengguna hanya dalam beberapa bulan saja semenjak peluncurannya, menurutnya merupakan salah satu bukti adanya potensi pasar yang luas di dukung dengan semangat, ketekunan dan komitmen tim dalam mencapai visi perusahaan. “Kami sangat berantusias mendukung usaha ini dan tak sabar melihat mereka dalam mencapai lebih banyak tonggak sejarah masa depan.” Imbuhnya.

 Pada saat ini aplikasi Finku sudah mencapai lebih dari 300 ribu orang pengguna aplikasi yang sudah mendownload aplikasi tersebut, diklaim juga tahun lali secara eksponesnsial tumbuh kemudian berada di peringkat ke – 7 untuk kategori aplikasi keaungan di Apple Store Indonesia. Selain hal tersebut aplikasi Finku merupakan juga bagian dari sejumlah 15 startup yang terpilih untuk partisipasi dalam program akselator starup studio Indonesia.

Dengan meningkatnya pengguna serta lonjakan pengguna e – wallet untuk layanan yang sifatnya pembayaran digital di Indonesia. Aplikasi Finku hadir akan mencoba memanfaatkan kesempatan peluang pasar yang ada ini agar dapat memberikan alternatif solusi keuangan bagi para penggunanya melalui aplikasi yang dirilis. Selain hal tersebut aplikasi ini berupaya untuk menjembatani antara kesenjangan dalam akses keuangan yang itu melalui jangakauan jejak digital dengan juga memberikan tambahan literasi digital.


Leave a Reply

Your email address will not be published.